Novel Kata: Tentang Senja yang Kehilangan Langitnya Karya Rintik Sedu

0
112

Judul:Kata
Penulis:Rintik Sedu
Penerbit:GagasMedia
Halaman:vi + 389 halaman

SINOPSIS

Nugraha

Andai bisa sesederhana itu, aku tidak akan pernah mencintaimu sejak awal. Aku tidak akan mengambil risiko, mengorbankan perasaanku. Namun, semua ini diluar kendaliku.

Biru

Banda Neira adalah hari-hari terakhirku bersamamu. Kutitipkan segala rindu, cerita, dan perasaan yang tak lagi kubawa, lewat sebuah ciuman perpisahan. Berjanjialah kau akan melanjutkan hidupmu bersama laki-laki yang bisa menjaga dan menyayangimu lebih baik dari ku. 

Binta

Cinta pertama seorang perempuan yang didapat dari laki-laki adalah dari ayahnya. Dan cinta pertama itu, telah mematahkan hatiku. Ayahku sendiri membuatku berhenti percaya dengan yang namanya cinta.

Nugraha, Biru, dan Binta saling membelakangi dan saling pergi. Mereka butuh kata-kata untuk menjelaskan perasaan. Mereka harus bicara dan berhenti menyembunyikan kata hati serta mencari jawaban dari sebuah perasaan.

 

Ulasankita.com – Novel ini menceritakan kisah tiga orang pemuda, Nugraha, Biru, dan BInta. Kisah Nugraha yang berusaha mendapatkan hati Binta. Kisah Biru yang tidak tahu bagaimana harus menyikapi perasaannya. Dan kisah Binta yang masih teringat dengan cinta pertamanya yang sudah lama hilang, Biru.

Nugraha, mahasiswa semester lima jurusan arsitektur ini tertarik dengan Binta. Rasa penasaran yang ada di dalam dirinya membawanya hingga mendekati Binta. Berbagai macam cara ia lakukan untuk menarik hati Binta. Mengganggu Binta, mengajaknya jalan-jalan, mengajaknya mengenal anak jalanan yang sering ia temui. Hingga ia tahu latar belakang Binta, dan alasan perempuan itu menutup diri dari orang-orang. Ia tak pernah menyerah dengan segala usaha yang telah ia lakukan kepada Binta. Hingga akhirnya orang itu datang kembali ke Jakarta, Biru.

Biru, teman kecil sekaligus cinta pertama Binta atau yang sering ia panggil dengan nama Senjani. Biru dan Senjani. Laki-laki yang sering sekali menuliskan puisi untuk Senjani. Laki-laki yang menyembuhkan luka dihati Senjani.  Laki-laki yang bebas. Laki-laki yang dipenuhi dengan jiwa petualang. Hingga ia lupa bagaimana yang harus ia lakukan dengan perasaannya terhadap Senjaninya.

Binta, perempuan yang menutup diri dari orang-orang. Perempuan yang sudah tidak percaya lagi dengan yang namanya cinta. Perempuan cuek dan sudah tidak peduli lagi dengan omongan orang kepadanya. Perempuan yang tidak bisa melupakan cinta pertamanya, Biru. Namun, semua itu perlahan-lahan berubah ketika Nugraha hadir dihidupnya.

Alur cerita novel ini sangat menarik, tarik dan ulur. Membuat para pembaca, termasuk saya hanyut dibuatnya. Contohnya saja, ketika Binta mulai luluh kepada Nugraha, tiba-tiba saja ketika mereka berdua sedang jalan-jalan mereka bertemu dengan mantan pacar Nugraha. Lalu, suatu hal yang tidak diduga setelah itu pun terjadi. Binta kecewa kepada Nugraha, dan tidak lama setelah itu tiba-tiba Biru datang menemui Binta ke Jakarta. Membuat saya penasaran, akan bersama siapa Binta pada akhirnya.

Perwatakan serta penokohan pada masing-masing tokoh pun membuat novel ini menjadi sangat menarik. Nugraha yang tidak pantang menyerah. Binta yang keras kepala. Juga, Biru yang tidak tahu harus berbuat apa.

Salah satu latar tempat yang diambil penulis yaitu Banda Neira pun juga cukup menambah pengetahuan kepada para pembaca yang belum pernah kesana.

Novel ini sangat recommended untuk dibaca. Dari segi romansa, sastra, dan sejarah juga tertuang di dalam novel ini.

Sekian ulasan dari saya see you ! ^^

 

Bonus Puisi dari Biru untuk Senjani :

Secangkir Kopi di Samping Senjani

Ada bidadari yang tersasar di bumi

Kutanya siapa namanya, lalu ia jawab. “Senjani.”

Tuhan, bisakah Kau ubah ia jadi manusia?

Supaya aku mampu mencintainya, supaya ragaku cukup untuk menyempuranakannya, karena ia terlalu sempurna

Tapi Tuhan bilang. “Tidak. Dia terlalu indah untuk jadi manusia.”

Nilai Ulasan8.7
8.7
Novel Kata: Tentang Senja yang Kehilangan Langitnya Karya Rintik Sedu
Reader Rating: (0 Rates)0
mm