Five Feet Apart – Penyakit Cystic Fibrosis yang Mengancam Jiwa

0
111

SPOILER ALERT

Directed:Justin Baldoni
Produced by:• Cathy Schulman
• Justin Baldoni
Screen Play by:• Mikki Daughtry
• Tobias Iaconis
Starring:• Haley Lu Richardson
• Cole Sprouse
• Moisés Arias
Music by:• Brian Tyler
• Breton Vivian
Cinematography:Frank G. DeMarco
Edited by:Angela M. Catanzaro
Production company :• CBS Films
• Welle Entertainment
• Wayfarer Entertainment
Distributed by :• CBS Films
• Lionsgate
Country
:United States
Release date:March 15, 2019
Running time
:116 minutes
Language
:English

sumber: pinterest

Ulasankita.com – Film yang baru – baru ini telah tayang di bioskop Indonesia pada bulan Maret-April 2019 kemarin menginspirasi dari kisah nyata dari pasangan yang menderita kanker dan fibrosis kistik yang dialami oleh Dalton dan Katie Pragers yang dimuat dalam novel The Fault in Our Stars. Sedangkan dalam film ini, mengisahkan tentang sepasang Remaja bernama Stella berusia 18 tahun dan Will yang mengalami penyakit yang sama yaitu Fibrosis Kistik (Cystic Fibrosis) sedangkan Will mengalami CF B.Cepacia. Mereka yang awalnya bertemu secara tidak sengaja di rumah sakit dan menjadi berteman namun tidak bisa memungkinkan bagi mereka untuk bersentuhan dan harus menjaga jarak sejauh 5 kaki.

sumber: dalam film

Diakhir cerita dari film ini, saya rasa ada yang menggantung. Ketika Stella bangun dari operasi transpalantasi paru-paru barunya, dia melihat Will melalui kaca kamarnya dan mengatakan bahwa satu-satunya penyesalannya adalah bahwa dia tidak bisa melihat lampu bersamanya kemarin, jadi dia membuat lampu diluar kaca sebelah kamarnya. Dia mengatakan pada stella bahwa uji coba obat pada Will tidak berfungsi, dan dia tidak ingin berurusan dengan kematian. Untuk membuktikan bahwa Will mencintainya, ia membuatnya memejamkan matanya, karena dia mengatakan dia tidak akan bisa pergi jika dia menatapnya. Stella menutup matanya dan Will berjalan pergi. Setelah dia pergi meninggalkan Stella, dia meninggalkan buku sketsanya sebagai kenang-kenangan.

Dalam cerita ini saya bertanya-tanya, kemana perginya Will? Mengapa will meninggalkan buku sketsanya untuk Stella, dan mengapa Stella melanggar aturan kedokteran yang mengharuskan ia berjaga jarak sejauh 6 kaki, malah menjadi 5 kaki. Bukankah itu tidak baik untuk kesehatannya? Dalam film ini tidak dijelaskan secara Medis alasannya.

Let’s talk about Cystic Fibrosis!

Cystic Fibrosis itu apa sih?? Fibrosis kistik/Cystic Fibrosis adalah penyakit genetik progresif yang menyebabkan lender didalam tubuh menjadi kental dan lengket sehingga membatasi kemampuan bernafas, menyumbat berbagai saluran, terutama saluran pernapasan dan pencernaan. Kelainan yang sudah ada sejak lahir ini dimiliki oleh 5 persen ras Kaukasian (Eropa, Amerika).

Pasien CF secara ketat dipisah sejauh enam kaki untuk mengurangi risiko infeksi silang, karena tertular infeksi bakteri dari pasien CF lainnya dapat mengancam jiwa. Tak hanya itu, para penderita CF harus berinteraksi dengan menjaga jarak minimal 6 kaki (six feet). Hal ini merupakan aturan kesehatan yang bertujuan untuk menghindari penyebaran virus kepada sesama pengidap CF. Dan banyak dari mereka pengidap CF ini yang tidak berumur panjang.

Sedangkan apa itu B. Cepacia yang dialami oleh Will adalah sebuah bakteri yang menyebabkan infeksi pari-paru pada penderita cystic fibrosis. Penderita ini dapat mengalami progresivitas penyakit dengan cepat, disertai gejala radang paru berat dan fatal. Mikroorganisme ini dapat ditularkan dari satu pasien fibrosis kistik satu sama lain dengan cara kontak langsung.

(dilansir dari radarjogja.jawapos.com)

Begitulah akhir cerita dari Film Five Feet Apart yang menurut saya, diakhir cerita agak menggantung. Mungkin bagi kalian yang sudah nonton ada komentar lain untuk cerita ini ?

Berikan komentar nya dibawah yaa!! 😊

Nilai Ulasan8.7
8.7
Five Feet Apart – Penyakit Cystic Fibrosis yang Mengancam Jiwa
mm